SHARE

Apakah Anda mulai berpikir untuk memiliki kartu kredit untuk pertama kalinya?

Kartu kredit merupakan fasilitas pinjaman tanpa perlu memberikan agunan, yang akan membantu Anda untuk melakukan transaksi pembelian dengan pembayaran yang ditunda.

5 Tips Cermat Menggunakan Kartu Kredit
Cermat sebelum menggunakan kartu kredit

Pembayaran ditunda adalah, Anda akan ditagih untuk melakukan pembayaran ditanggal tertentu dengan pilihan membayar penuh, membayar minimum, atau juga membayar dengan cicilan tetap.

Sebelum Anda ingin memiliki kartu kredit, wanita.me akan memberikan 5 tips supaya Anda dapat lebih bijak dengan kartu kredit.

1. Pilihlah Jenis Kartu Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Sekarang ini, bank penerbit sebenarnya memiliki beberapa jenis kartu kredit untuk kebutuhan yang berbeda. Ada kartu kredit yang klasik, ada yang bekerja sama dengan maskapai atau supermarket tertentu, ada yang memberikan point reward, dan ada pula yang hanya memiliki program diskon tanpa reward. Jadi, bandingkan dulu beberapa jenisnya sebelum Anda memilih.

2. Pahami Biaya dan Mengerti Konsekuensi Pembayaran

Pembayaran minumun untuk tagihan kartu kredit akan membuat suku bunga atas hutang Anda semakin tinggi. Oleh sebab itu, usahakan agar melakukan pembayaran penuh atau lunas setiap tanggal jatuh tempo tagihan Anda. Selain suku bunga, ada juga perhitungan biaya seperti biaya keterlambatan pembayaran, biaya materai, biaya keanggotaan tahunan, dan biaya administrasi. Pastikan Anda memahami betul setiap ingin melakukan pembayaran.

3. Pahami Cara Perhitungan Suku Bunga

Hal yang paling membahayakan dari kartu kredit adalah suku bunga pinjaman yang tinggi atas hutang kartu kredit. Saat ini, Bank Indonesia menetapkan suku bunga maksimal 2.95% per bulan, dan tidak boleh ada konsep bunga berbunga atas transaksi di kartu kredit.

4. Jaga Keamanan Transaksi

Perhatikan keamanan dari transaksi kartu kredit Anda. Sekarang ini, sudah ada beberapa bank penerbit kartu kredit yang memberikan fasilitas SMS setiap penggunaan kartu kredit untuk membantu Anda memantau penggunaan.

5. Pahami Batas Limit Belanja

Setiap pemilik kartu kredit akan mendapatkan batasan limit belanja yang ditetapkan oleh bank penerbit dengan jumlah yang bervariasi untuk setiap pengguna. Idealnya untuk limit berbelanja dalam kartu kredit tidak lebih dari jumlah 1 kali gaji Anda.

Maka, pahami terlebih dahulu cara penggunaan kartu kredit, dan jangan lupa memahami lebih dalam lagi 5 tips pembahasan di atas. Hal tersebut akan membuat Anda tidak merasa rugi apabila nantinya sudah memiliki kartu kredit. Karena, jika Anda dapat memakai kartu kredit secara cermat, hal tersebut akan membantu Anda. Tetapi jika sebaliknya, mungkin menggunakan kartu kredit malah akan mempersulit Anda.