SHARE

Permasalahan jerawat akan tetap menjadi primadona untuk segera diatasi demi mendapatkan penampilan yang sempurna. Sering kali pada anak ABG yang mulai pacaran, jerawat muncul di wajahnya. Belum lagi ketika stres melanda bukan hanya situasi hati yang memburuk penampilan pun bisa terlihat semakin buruk juga.

Memang ada hubungannya antara orang rindu dengan pacar dan stres terhadap timbulnya jerawat?

Menurut dr David Leonard seorang dokter kecantikan mengatakan bahwa rindu dengan pacar dan stres bertanggung jawab atas timbulnya jerawat pada wajah. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini terjadi secara hormonal. Orang yang terlalu kangen ataupun stres tingkat kecemasannya semakin tinggi dan membuat hormon pembuat sebum (kelebihan minyak yang tersumbat pada pori-pori wajah) meningkatkan produksinya.

Beauty | healthy & fitnes
Foto : Ist

Sebenarnya selain itu faktor kebersihan diri dan asupan makanan yang dikonsumsi turut memegang peranan dalam timbulnya jerawat. oleh karena itu ketika jerawat datang jangan terlalu dikhawatirkan namun segera atasi dengan melakukan lima hal ini.

  1. Lakukan pembersihan wajah secara benar dan teratur

Kebersihahan wajah memegang peran penting dalam timbulnya jerawat. Wajah yang kotor berpotensi meningkatkan jumlah minyak. Apalagi ketika minyak berlebihan bercampur dengan kotoran di wajah maka bisa mengakibatkan peradangan pada jerawat. Bersihkan wajah secara teratur dengan obat jerawat yang cocok dengan kulit muka kamu.

  1. Berolah raga

Melakukan olah raga berarti kamu berupaya untuk memanajeman pikiran agar tidak stres dan berpikir hal yang negatif. Karena saat berolah raga akan merangsang hormon kortisol yang bisa membuat kamu happy dan pikiran menjadi lebih tenang.

  1. Hindari makanan penyebab jerawat semakin parah

Makan makanan mengandung lemak bisa menyebabkan peningkatan jumlah minyak pada tubuh. Tidak hanya menyebabkan muka berminyak dan berjerawat tetapi memicu penyakit bagi tubuh. Perbanyak makan sayur dan buah maka akan membuat wajah semakin berseri.

  1. Penggunaan kosmetik yang tidak cocok
Beauty | healthy & fitnes
Foto : Ist

Setiap kulit wajah orang memiliki sifat yang berbeda ada yang tahan terhadap berbagai macam merek dan jenis kosmetik. Namun, ada juga yang sensitif sehingga salah memakai kosmetik sedikit saja bisa mengakibatkan iritasi pada wajah. Oleh karena itu kenalilah jenis kulitmu jangan asal menggunakan kosmetik apalagi yang murah dan tidak terjamin kualitasnya.

  1. Curhat pada orang yang tepat atau pergi ke dokter

Menceritakan masalah atau beban pada orang lain memang sedikit banyak bisa mengurangi stres yang melanda. Namun, berhati-hatilah saat memilih teman curhat dan jika stres tak kunjung sembuh maka periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Banyak mitos timbul karena timbulnya jerawat namun bukan berarti hal itu benar. Karena yang pasti menjaga gaya hidup sehat itu yang lebih utama. Kalaupun rindu dengan pacar, zaman sekarang akses semakin terbuka luas dan bisa dialihkan dengan kegiatan yang lebih positif. Begitupun dengan stres, sebab pikiran yang tidak terjaga dengan baik akan rentan menimbulkan penyakit bahaya dalam tubuh seperti jantung, stroke dan lainnya.