SHARE

Anda mungkin juga sedang kebingungan memilik kado mainan yang paling tepat bagi anak teman anda yang berusia balita dan akan segera berulang tahun. Atau, anda yang memiliki anak usia balita justru sedang bertanya-tanya apa saja mainan yang cocok untuk usia anak anda tersebut. Di antara banyaknya jenis mainan yang dibuat khusus untuk anak, ada beberapa mainan yang sangat baik jika diberikan pada balita. Berikut wanita.me mengupas beberapa jenis mainan dan manfaatnya bagi perkembangan anak usia balita.

Family | family Education
Foto : Ist

Bola
Bermain dengan bola dengan berbagai ukuran dapat membantu anak belajar koordinasi antara tangan, kaki dan otaknya. Dengan melakukan kegiatan lempar tangkap bola anak juga belajar ketangkasan dan kecepatan. Bola juga memungkinkan anak untuk belajar melakukan interaksi sosial jika dilakukan bersama-sama dengan teman-teman sebayanya.

Family | Family education
Foto : Ist

Mainan dengan Musik
Mainan yang dapat mengeluarkan musik juga dapat menjadi pilihan yang baik. Selain melatih indra pendengaran balita anda, mainan dengan musik juga melatih koordinasi anggota badannya. Saat anak ikut menari atau bertepuk tangan saat mendengarkan musik secara tidak langsung motoriknya terlatih. Anda juga dapat memberikan mainan berupa piano atau gitar mainan untuk melatih kepekaan anak pada bunyi.

Family | family education
Foto : Ist

Puzzel
Jenis Puzzel dengan gambar dan warna yang cerah dapat merangsang indra penglihatan anak. Pilih puzzle yang memiliki potongan agak besar dan jumlah potongan sedikit agar anak tidak mudah frustasi saat memainkannya. Puzzle kayu juga dapat menjadi pilihan. Puzzel merangsang anak untuk belajar memecahkan masalah dengan cara yang kreatif, selain itu anak akan merasakan kepuasan tersendiri saat berhasil memasangnya.

Family | family education
Foto : Ist

Blok
Balok kayu atau lego dengan ukuran yang agak besar juga sangat baik untuk perkembangan otak anak. Warna-warna cerah akan menarik perhatian balita anda. Dengan bermain balok kayu atau lego anak juga dituntut untuk memiliki kreatifitasnya sendiri karena tidak ada format khusus untuk penyusunan balok dan lego seperti pada puzzle. Ada juga dapat memberikan contoh bentuk khusus yang mudah diikuti anak dan bermain bersamanya sebagai proses bounding.

Family | family Education
Foto : Ist

Buku Cerita
Memberikan buku cerita pada anak adalah pilihan yang sangat baik. Selain mengajarkan anak untuk mencintai dunia literasi, mengajak anak membaca sejak dini juga baik bagi ikatan antara orang tua dan anak. Saat anak telah lelah bermain atau menjelang tidur, anda dapat membacakan cerita dengan suara dan intonasi khusus sehingga anak tertarik. Kini buku-buku untuk balita juga telah diciptakan dengan bahan yang lebih tebal bahkan dari kain agar buku kesukaan anak tidak mudah rusak.