SHARE

Saat mendengar sate, yang terlintas di benak kita biasanya adalah Sate Madura yang terbuat dari daging kambing atau ayam, disajikan dengan bumbu kacang manis dan saus kecap. Makanan ini memang begitu populer dari dulu hingga sekarang. Namun sebenarnya Indonesia sendiri memiliki beragam menu sate yang unik dari berbagai penjuru nusantara. Wanita.me merangkum ragam menu sate nusantara berikut ini.

Living | food
Foto : Ist

Sate Padang

Sate ini berbahan dasar jeroan kambing atau sapi yang direbus dulu dengan bumbu sebelum dibakar. Disajikan bersama saus kuah kuning untuk jenis sate Padang Panjang dan kuah bumbu berwarna merah atau oranye untuk sate Padang Pariaman.

Living | food
Foto : Ist

Sate Kalong

Berbahan dasar daging kerbau, sate kalong berasal dari Kota Cirebon. Dinamai sate kalong, karena penjual biasanya menjajakan sate tersebut dari petang hingga tengah malam, seperti aktivitas binatang kelelawar (kalong).

Living | food
Foto : Ist

Sate Lalat

Jangan jijik dulu, sate ini tidak terbuat dari lalat, melainkan dari daging kambing atau ayam pada umumnya. Namun disajikan dengan potongan daging yang berukuran lebih kecil. Disajikan bersama bumbu kacang, sate lalat banyak dijumpai di Madura, tepatnya kota Pamekasan.

Sate Buntel

Makanan khas kota Surakarta dan Solo ini dinamai sate buntel karena cincangan daging dibungkus dalam lemak atau selaput daging, kemudian dililitkan pada tusuk sate dan dibakar.

Living | food
Foto : Ist

Sate Lilit

Sate lilit berasal dari Bali. Makanan ini paling umum berbahan daging ayam, kambing dan ikan, namun ada yang berbahan daging kura-kura dan babi. Daging dicincang dan diberi tambahan parutan kelapa, santan dan bumbu. Lalu dililitkan pada batang serai atau batang tebu kemudian dibakar di atas bara api.

Sate Belut

Sate ini terbilang cukup langka dan hanya ditemukan di daerah Lombok. Uniknya, bila daging sate lain dipotong kecil-kecil atau dicincang, maka belut yang telah dibersihkan dan diberi bumbu langsung ditusuk pada tusukan sate kemudian dibakar pada bara arang.

Sate Makassar

Sate ini tentu berasal dari kota Makassar. Terbuat dari jeroan daging kambing atau sapi yang diberi bumbu dengan campuran belimbing, sate ini memiliki cita rasa asam dan pedas. Keunikan sate Makassar, disajikan tanpa bumbu dan bisa langsung disantap bersama nasi hangat.

Kalau kamu menu sate mana yang menjadi kesukaanmu? Jangan lupa untuk coba menu sate ala nusantara lainnya, ya ladies.